Memiliki usaha rintisan berbasis digital
memang sangat menyenangkan. Namun akan lebih menyenangkan jika
kita bisa membuat bisnis startup digital kita meraih kesuksesan. Salah
satu hal atau faktor yang bisa membuat sebuah #startup sukses adalah keberadaan blog startup yang memiliki trafik tinggi.
Blog startup? Untuk apa? Sebuah blog
yang dikenal sebagai media yang menyediakan beragam artikel berisi
informasi memang sangat dibutuhkan oleh sebuah startup untuk bisa
menarik minat ratusan hingga ribuan pengguna baru. Beberapa startup luar
negeri sudah membuktikan bahwa strategi ini sangat efektif.
Salah satu startup yang telah
membuktikannya adalah Mint, sebuah startup yang menyediakan solusi
keuangan mulai dari mengelola keuangan, membayar tagihan, dan lainnya.
Di masa awal pendirian, manajeman Mint memang sengaja gencar membuat
artikel tentang tips dan trik keuangan. Dengan usaha kerasnya akhirnya
Mint mampu menempatkan blog mereka pada posisi strategis di halaman
mesin pencarian #Google sehingga blog mereka pun banyak dikunjungi dan akhirnya secara perlahan meningkatkan pengguna startup.
Artikel lain: 7 Tips Penting Agar Sukses Memulai Blog Bisnis
Dari satu contoh ini seharusnya Anda
sebagai founder startup sadar betul bahwa memiliki blog startup
merupakan hal yang penting untuk perkembangan usaha Anda. Jika Anda
masih saja ragu, berikut akan dijelaskan lebih mendalam tentang empat
keutamaan dan kegunaan memiliki sebuah blog startup. Berikut ulasanya.
1. Memperkenalkan Brand dan Produk Anda
Keutamaan dan kegunaan pertama memiliki
sebuah blog startup adalah untuk memperkenalkan brand dan produk. Sebuah
blog memang merupakan salah satu sarana atau media untuk kegiatan
pemasaran atau #promosi. Menariknya dalam blog yang Anda bangun ini, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis dalam melakukan promosi tersebut.
Maka dari itu bagi startup yang masih
berjalan secara bootstrap, memiliki blog tentu akan sangat membantu dan
menguntungkan. Dalam promosi di blog ini Anda bisa memperkenalkan brand
dan produk atau fitur terbaru dari startup Anda. Dengan menuliskan
informasi brand dan produk pada blog, Anda akan memiliki keleluasaan
yang besar dibanding jika Anda menuliskannya di halaman utama situs.
Dan saat Anda bisa menjelaskan informasi
ini dengan lebih detail dan panjang, maka orang lain pun akan lebih
mudah menemukan banyak hal tentang produk Anda dan tidak menutup
kemungkinan juga mereka akan tertarik menggunakannya startup Anda.
2. Berbagi Ilmu, Wawasan dan Pengetahuan
Sebagai media yang identik dengan
kumpulan artikel, blog memang akan lebih banyak memberikan ilmu dan
pengetahuan bagi para pengunjung dan pembacanya. Maka dari itu saat Anda
memiliki blog pada startup, maka Anda akan memiliki peluang untuk
memberikan hidangan ilmu dan pengetahuan yang Anda miliki seputar bidang
startup yang Anda kelola.
Dengan membagi ilmu dan pengetahuan ini
secara rutin pada blog dan banyak pengunjung yang menyukainya dan juga
berlangganan melalui #email, yang artinya blog Anda sudah dianggap bermanfaat dan berguna oleh publik.
3. Meningkatkan Relasi Dengan Pengguna dan Penulis Blog Lain
Saat Anda membuat dan mengelola blog pada startup Anda, maka itu artinya Anda sudah menjadi seorang #blogger.
dan Ketika Anda menjadi seorang blogger, Anda secara tidak langsung
Anda akan terjalin dengan ribuan blogger yang menunggu Anda untuk
menjalin relasi dan hubungan. Bagi pebisnis, relasi memang sesuatu yang
sangat penting untuk dimiliki.
Dengan bertambahnya relasi, seorang
pebisnis tentu akan memiliki peluang lebih besar untuk mensukseskan
startup yang sedang Anda rintis. Tentu saja untuk mendapatkan relasi
blogger ini Anda tidak lantas berdiam diri saja. Anda harus aktif
membagi postingan, bergabung dengan komunitas serta blogwalking.
4. Memiliki Blog Dapat Meningkatkan Trafik
Terakhir, keutamaan dan kegunaan
memiliki blog pada bisnis startup adalah untuk meningkatkan trafik dan
tingkat konversi. Tentu untuk bisa mendapatkan konsumen atau pengguna
startup, Anda harus mampu dulu memperkenalkan startup Anda ke publik.
Nah dengan blog, peluang Anda memperkenalkan startup dan juga menarik
pengunjung akan sangat besar.
Setelah banyak pengunjung yang datang,
maka Anda tinggal bertugas mengkonversikan mereka menjadi pembeli atau
konsumen. Percayalah, dengan penyajian konten yang menarik dan didukung
oleh produk startup yang berkualitas, maka membuat pengunjung menjadi
pembeli atau pengguna akan menjadi sesuatu yang tidak terlalu sulit.
sumber : https://www.maxmanroe.com/inilah-4-keutamaan-perlunya-memiliki-blog-pada-bisnis-startup-anda.html
0 komentar:
Post a Comment