Lalu Lintas Tidak Valid Google Adsense Apa Penyebabnya?


Bagi anda yang kebetulan mendapatkan penghasilan rutin dari google adsense, anda mungkin tidak lagi terkejut melihat laporan pendapatan adsense sedikit berbeda dari laporan-laporan pendapatan adsense sebelumnya, sampai saat  ini laporan pendapatan google adsense dilengkapi dengan nilai lalu lintas tidak valid AdSense untuk kontent, yang akan memotong penghasilan total google adsense yang anda dapatkan.

Laporan ini memang masih terbilang baru,google secara resmi mengumumkan pemberitahuan ini melalui halaman resmi blog adsense pada tanggal 22 juni 2015, yang menyatakan bahwa  laporan adsense untuk saat ini akan sedikit berbeda dengan sebelumnya, di laporan pendapatan adsense untuk saat ini anda akan melihat nilai potongan yang akan mengurangi jumlah saldo adsense anda jika ada aktivitas tidak valid pada adsense yang anda pasang pada blog anda.

Berikut contoh screen shoot yang memperlihatkan laporan aktivitas tidak valid google adsense untuk kontent yang langsung saya ambil dari halaman blog official google:


Penyebab lalu lintas tidak valid google adsense untuk konten


Anda mungkin saja mengalami hal yang sama seperti ilustrasi gambar diatas, total pendapatan adsense yang anda peroleh akan dikurangi dengan nilai invalid trafic- adsense for content.

Penyebab Lalu Lintas Tidak Valid?

Lantas darimanakah nilai lalulintas tidak valid tersebut dihitung?, berdasarkan keterangan dari pihak google adsense,  bahwa nilai potongan tersebut bisa muncul kebanyakan dari aktivitas tidak valid (Invalid activity).

Beberapa tindakan yang dapat menyebabkan aktivitas tidak valid pada google adsense adalah sebagai berikut:

a. Jika anda mengklik Iklan sendiri secara tidak sengaja

Klik iklan tidak sengaja kadang terjadi dan adsense bisa memakluminya, beda halnya dengan anda mengklik iklan sendiri dengan sengaja, jika berhasil terdeteksi anda melakukan hal demikian maka banned pada akun google adsense bisa saja terjadi, namun jika klik anda dianggap sebagai klik tidak sengaja, kemungkinan besar nilai klik tersebut tidak akan diakui dan akan dikategorikan sebagai nilai klik tidak valid yang akan mengurangi pendapatan adsense anda.

b. Adanya  Indikasi anda menyuruh orang lain untuk mengklik iklan

Satu hal yang bisa dianggap anda seolah-olah menyuruh orang lain untuk mengklik iklan, misalnya terlalu banyak share di media sosial secara manual sehingga menimbulkan banyaknya visitor yang bersumber dari media sosial, jika saja ada visitor non organik (visitor yang datang dari non pencarian google) yang melakukan klik iklan, bisa saja klik tersebut terdeteksi tidak valid, google bisa menganggap bahwa anda meminta untuk mengklik iklan pada orang lain, sehingga jika tidak banned nilai klik akan dianggap tidak valid dan nilai klik tidak akan dihitung sebagai pendapatan anda dan nilai klik pada akhirnya akan mengurangi keseluruhan saldo pendapatan adsense yang anda peroleh.

c. Klik Tidak sengaja yang dilakukan pengunjung blog anda

Nilai terhadap klik adsense benar-benar akan dihitung jika yang mengklik iklan tersebut benar-benar tertarik dengan iklan yang dikliknya, terkadang untuk beberapa hal iklan adsense bisa saja terklick secara tidak sengaja oleh pengunjung, teknologi adsense sangat profsional sehingga bisa mendeteksi sebuah klik apakah benar-benar klik yang disengaja atau hanya accidental click (click tidak diharapkan).

Bisa saja terjadi ketika pengunjung mengklik iklan dan sebelum halaman iklan tampil pengunjung sudah menekan tombol back pada browser, jika terjadi seperti itu google bisa mendeteksinya sebagai invalid klik, sehingga nilai klik yang terdeteksi sebagai klik tidak sengaja akan mengurangi pendapatan adsense anda secara keseluruhan.


d. Perangkat lunak tipuan (Bot) yang melakukan klik iklan secara otomatis

Macam-macam bentuk kecurangan memng mungkin aja terjadi, namun apapun bentuk kecurangan google sudah mengantisifasinya dengan sangat baik, salah satu bentuk kecurangan google adsense yang mungkin saja terjadi adalah menggunakan perangkat lunak yang seolah-olah bertindak sebagai visitor blog anda kemudian melakukan klik iklan adsense pada blog anda secara otomatis, jika terjadi seperti itu tentu saja klik iklan adsense tidak akan dihitung. dan nilai klik akan dikembalikan kepada advertiser atau pengiklan.

e. Adanya Bom-Click

Bom klik kadang terjadi terhadap iklan adsense anda, bom klik adalah aktivitas klik terus-menerus dalam jumlah yang sangat banyak yang mungkin saja dilakukan oleh pihak tertentu terhadap kode unit iklan adsense yang anda pasang. bom klik sebenarnya bisa merugikan pengiklan atau advertiser, namun adsense saat ini sudah bisa mengantisifasinya dengan memberlakukan sistem smart pricing (jika terindikasi adanya klik tidak normal terhadap iklan secara terus-menerus maka sistem adsense akan memberlakukan nilai CPC yang sangat kecil sekali, ini untuk menghindari kerugian yang akan ditimbulkan oleh pengiklan).

Nilai klik yang diperoleh dari bom cklik bisa dikategorikan sebagai nilai click tidak valid yang akan mengurangi pendapatan google adsense anda.

Cara Mengatasi Lalu lintas tidak valid

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa menurut google lalu lintas tidak valid kebanyakan ditimbulkan oleh invalid activity atau adanya aktivitas tidak valid pada iklan google adsense anda, untuk mengatasi timbulnya lalu lintas tidak valid maka kita sebagai publisher harus bisa mengatasi hal-hal yang bisa menumbulkan aktivitas tidak valid, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Hindari mengklik iklan sendiri

Klik iklan sendiri kadang tidak sengaja dilakukan, dan utuk masalah yang satu ini google bisa memaklumunya, namun sebaiknya anda harus sebisa mungkin dapat menghindari klik iklan sendiri, jangan sampai sering terjadi, jika tidak, maka bisa jadi google menganggapnya sebagai tindakan klik sendiri secara disengaja, dan akun ads anda bisa dibanned.

Untuk menghindari klik tidak sengaja anda bisa instal plugin adblockplus pada browser anda, sehingga iklan adsense tidak akan muncul di blog anda, atau anda bisa pasang google publisher plugin for browser google crome, shingga iklan akan dilindungi oleh slaput khusus yang menyebabkan iklan tidak bisa  diklik di browser yang anda gunakan.

b. Hati-hati Desain Menu Drop Down melayang

Jika anda menyajikan menu dropdown di template anda sebaiknya hati-hati dengan dropdown menu melayang, jika kebetulan anda memasang adsense di bawah menu, ketika menu dropdown diklik maka popup menu bisa menutupi iklan adsense yang anda pasang dan ini bisa menyebabkan iklan ter-click secara tidak disengaja baik oleh anda sendiri maupun oleh pengunjung anda.


c. Hati- hati dengan penempatan iklan

 Ketika menempatkan iklan adsense jangan terlalu berdekatan dengan hal-hal yang bisa diklik karena (link atau tombol, atau tulisan dengan perintah untuk klik), bisa saja karena terlalu rapat pengunjung yang maksudnya ingkin mengklik iklan ternyata iklan yang diklik, sehingga menimbulkan klik yang tidak diharapkan dan ini bisa menimbulkan klik tidak valid, pemasangan iklan yang bisa memancing klik tidak sengaja bukan hanya bisa menimbulkan invalid activity namun bisa saja dianggap menyalahi kebijakan adsense dan bisa berujung di nonaktifkannya akun ads anda.

d. Sumber trafik yang tidak benar

Banyak sekali cara untuk meningkatkan trafik namun khusus untuk blog adsense sebaiknya trafik harus diupayakan datang dari mesin pencari (trafik organik), berikut beberapa trafik yang bisa menyebabkan trafik tidak valid:
  • Menempatkan url blog adsense di pesan email
  • menempatkan url blog di pesan chating
  • Share url postingan di beberapa social media secara manual
Jika melakukan hal-hal diatas bisa jadi anda akan dianggap meminta orang lain untuk mengunjungi blog anda untuk mengklik iklan ads yang anda pasang.

Apakah ada efek buruk Untuk Akun Google AdSense Anda?

Sebenarnya potongan pendapatan adsense dari dulu memang pasti ada, namun bedanya dulu laporan potongan tidak disertakan sekarang laporan nilai potongan disertakan, sehingga adsense lebih transfaran terhadap publishernya. lantas apa yang terjadi jika sering menerima laporan lalu lintas tidak valid google adsense?

Adsense memang memiliki parameter tersendiri untuk menindak tegas publishernya, khusus laporan untuk lalu lintas tidak valid untuk saat ini adalah normal hanya menginformasikan secara transfaran kepada publishernya bahwa pendapatannya ada potongan, jadi tidak akan terjadi apa-apa pada akun adsense ada selama anda tidak melakukan hal-hal yang menyalahi kebijakan google adsense. semakin sedikit nilai lalu lintas tidak valid kita peroleh maka itu lebih baik terutama buat google adsense dan buat kita sebagai publishernya.

Penutup:

Adsense memang tidak seperti media periklannan lainnya, kebijakan adsense memang lebih ketat, tujuannya adalah meningkatkan kepercayaan advertiser atau sipemasang iklan, sehingga hal-hal yang bisa menyebabkan publisher rugi bisa diminamilisir atau tidak ada sama sekali, dengan demikian semakin subur periklannan adsense, kita sebagai publisher akan ikut kecipratan rezekinya.

dengan mengetahui penyebab-penyebab lalulintan tidak valid setidaknya kita bisa mengantisifasi hal-hal yang bisa menyebabkan lalulintas tidak valid sehingga pendapatan yang akan kita peroleh bisa maksimal dan bisa terhindar dari penalty google.

Demikian artikel sederhana tentang  Penyebab Lalu Lintas Tidak Valid Google Adsense untuk Konten, semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment