Ingin Berbisnis Online Ini Yang Harus Anda Pelajari?


Berbicara mengenai bisnis pasti erat kaitannya dengan keuntungan atau laba, bagaimana cara kita mendapakan laba atau untung dengan cara menjual barang atau jasa sehingga bisa mendapatkan penghasilan, salah satu bisnis yang diprediksi akan terus bertahan adalah bisnis online, bisnis online salah satu peluang yang cukup menjajinkan, bahkan untuk saat ini hampir setiap bisnis offline selalu didukung dengan online, bisnis online diyakini bisa memberikan banyak keuntungan jika dibandingkan dengan offline, jika hanya mengandalkan offline bisnis akan terbatas pelanggan, keuntungan bisnis offline saingan dikit, sedangkan bisnis online memberikan peluang pelanggan yang lebih luas, namun kelemahannya adalah jalannya roda bisnis akan terus dibayang-banyangi dengan persaingan yang cukup ketat.

bisnis online yang kita kelola baru akan berhasil jika kita menguasai teorinya, memiliki strategi baik dan juga memiliki trik khusus untuk memenangkan persaingan. untuk memenangkan persaingan tentu saja anda harus pandai  promosi baik offline maupun online. baik gratis maupun berbayar.

Untuk seorang pembisnis online yang sudah berpengalaman malang melintang didunia online barangkali persaingan apapun bisa mereka atasi karena mereka sudah banyak belajar dari pengalaman sehingga memahami trik juga strategi yang baik bagaimana bisnis mereka bisa terus berjalan bahkan bisa mendominasi persaingan, namun lain halnya dengan pembisnis pemula, untuk memenangkan persaingan bisnis mungkin tidak semudah membalikan telapak tangan, apalagi tidak didukung dengan basic kuat mengenai segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan bisnis online.

Berbicara mengenai bisnis terutama bisnis yang dilakukan secara online sangat erat kaitannya dengan bagaimana cara mendapatkan uang dari internet, untuk menggeluti bisnis yang satu ini banyak hal yang harus dipelajari tergantung bisnis online seperti apa yang ingin kita pelajari, dari beberapa fokus bisnis online ada beberapa yang wajib dipelajari sebagai langkah awal anda untuk memulai berbisnis secara online, sebagai berikut:

1. Pelajari segala hal yang berkaitan dengan dunia blog atau web

Kenapa harus dimulai dengan sebuah blog?, karena segala sesuatu yang berkaitan dengan online pasti akan melibatkan halaman situs atau web, sedangkan cara termudah membuat halaman situs sendiri secara instant tanpa harus mengeluarkan modal adalah dengan membuat blog, atau memanfaatkan situs-situs gratis untuk memasarkan produk anda, termasuk blog, juga bisa anda gunakan sebagai media promosi, blog bisa anda gunakan untuk meriview dan menjual produk anda bahkan, hanya bermodalkan artikel saja blog bisa menjadi salah satu media yang bisa anda gunakan untuk  mendapatkan penghasilan dari internet  tanpa harus menjual produk.

Untuk memulai bisnis online mandiri ini benar-benar harus dipelajari bukan hanya bagaimana cara membuat blog namun yang harus anda pelajari dalah segala sesuatu yang ada kaitannya dengan aktivitas blog  atau website, anda bisa mulai dari bagaimana cara membuat blog, kemudian bagaimana cara mendesain blog dan hal hal seputar blogging. ini berguna untuk meminimalisir modal bisnis online anda.


Bisa saja anda tidak mempelajari blog dan tidak mau tau tentang teknologi web atau internet, namun anda harus memiliki modal yang cukup untuk meminta orang lain memaintenance situs atau blog anda secara terus menerus agar bisa bertahan.

2. Pelajari tentang bagaimana cara menghasilkan uang secara online. 

Banyak sekali teknik monetisasi atau cara menjadikan blog atau situs sebagai sumber untuk menghasilkan uang, jika anda tertarik anda bisa mempelajari segala hal yang berkaitan dengan teknik monetisasi tersebut, beberapa monetisasi blog yang bisa anda pilih adalah sebagai berikut:

a. Menjadi publisher iklan
Menjadi publisher iklan maksudnya adalah, anda sebagai pemilik situs atau blog  bergabung dengan media periklanan atau situs-situs yang mengelola iklan para advertiser atau pengiklan untuk ikut mempromosikan atau menerbitkan iklan mereka, anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan aturan main periklanan tersebut, beberapa metode periklanan diantaranya adalah PPC (pay perklik) anda akan dibayar ketika iklan yang anda promosikan atau ditempel di blog anda mendapatkan klik pengunjung, ada juga dengan metode per seribu tayang artinya anda akan mendapatkan komisi ketika iklan berhasil dilihat sebanyak 1000 kali, komisi biasanya disesuaikan dengan harga iklan dan masih banyak lagi metode bagi hasil yang mereka gunakan, beberapa media periklanan terkanal adalah sebagai berikut:
  • Google adsense (sangat recomended)
  • chitika
  • advertiser. 
  • dan lain sebagainya
Untuk menjadi publisher iklan biasanya gratis atau tidak dipungut biaya, namun syaratnya anda harus memiliki halaman situs atau minimal blog yang baik, dan besar kecilnya penghasilan yang anda kan dapatkan selalu berbanding lurus dengan visitor blog yang anda miliki, semakin banyak visitor maka pendapatan juga akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya.


b. Bergabung menjadi affiliate marketer
Menjadi affiliate marketer bisa dianalogikan anda menjual produk orang lain, anda baru akan mendapatkan komisi (dibayar) jika produk yang anda tawarkan berhasil anda jual, istilah lain affiliate marketer jika didunia offline bisa juga disebut makelar.

Ada banyak sekali situs-situs yang menawarkan kerja sama kepada anda untuk menjadi affiliate marketer salah satu yang cukup terkenal adalah amazon (baca juga: Mengenal affiliate amazon untuk alternatif bisnis online). syarat utamanya anda harus memiliki situs, anda mengajukan pendaftaran dan jika berhasil diterima, anda akan memiliki link referal ke situs utama, anda bisa  menyajikan review produk-produk yang anda jual di situs atau blog anda dengan menyertakan link ke situs utama (amazon misalnya), gunakan teknik menjual sehingga jika anda berhasil mendapatkan pengunjung kemudian pengunjung tersebut melakukan transaksi disitus utama bersumber dari blog atau situs anda maka anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan perhitungan tertentu.

c. Membuka space iklan Mandiri
Salah satu yang cukup baik adalah membuka space iklan mandiri, yaitu dengan cara menyediakan space iklan khusus di halaman blog untuk ditawarkan kepada para advertiser atau pengunjung, mereka bisa tau jika blog anda mudah untuk ditemukan, jadi kembali lagi modal utamanya adalah situs atau blog yang anda miliki harus sudah memiliki banyak pengunjung (Visitor), pengiklan akan tertarik untuk beriklan di blog anda jika mereka melihat bahwa blog anda ramai. cara ini akan sangat efektif khusus untuk blog yang sudah sangat populer.

d. Menjual produk sendiri 
Anda bisa menjual produk anda sendiri menggunakan halaman situs khusus baik milik anda pribadi atau menggunakan situs-situs gratis penyedia transaksi penjualan, seperti tokopedia.  

Sebenarnya masih banyak lagi beberapa metode monetisasi blog yang tersedia, namun sebagai alternatif anda bisa menggunakan metode diatas, silahkan anda pelajari metode monetisasi yang lainnya.

 

3. Pelajari teknik promosi secara online maupun offline.

Apapun bisnisnya faktor utama yang menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis adalah promosi, jika promosi bisa dilakukan dengan baik maka bisnispun berpeluang sukses jika tidak maka bisnis anda tidak akan bisa bertahan, bisa saja penyebabnya karena persaingan, apalagi sekelas bisnis online dimana akan terus di bayang-banyangi dengan persaingan yang ketat.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis online anda, bisa dilakukan dengan cara online maupun online namun tujuan utamanya adalah bagaimana cara agar orang tau mengenai apa yang kita jual, baik menjual jasa maupun barang.  salah satu promosi online yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan media social seperti facebook, twitter, bbm dan lain sebagainya.

Teknik promosi bisa anda lakukan secara gratis atau juga jika cukup modal anda bisa melakukan promosi secara online dengan berbayar, tentunya berbayar akan sangat efektif namun butuh modal yang tidak sedikit.


4. Pelajari dan Kuasai SEO (Search Enggine Optimization)

Seo erat kaitannya dengan bagaimana cara agar artikel blog atau situs yang kita miliki mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti google, bing, yahoo, di posisi terbaik, tujuan utamanya adalah untuk menjaring pengunjung, perlu anda ketahui bahwa 98% pengunjung yang datang mengunjungi blog anda adalah dari mesin pencari, peluang ini harus bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya salah satu caranya adalah dengan menguasai teknik seo.

seo secara tidak langsung merupakan metode promosi dengan memanfaatkan mesin pencari, jika ini bisa anda lakukan sendiri berarti anda sudah sukses mengupayakan promosi gratis untuk menjaring pengunjung ke situs atau blog anda. namun selain bisa dilakukan secara gratis jika anda mampu anda bisa menggunakan jasa seo terpercaya untuk mempromosikan blog anda, kembali lagi anda harus memiliki modal yang cukup. SEO adalah salah satu cara yang paling efektif yang bisa menentukan kesuksesan bisnis online anda.


Apapun bisnisnya tentunya faktor utama yang bisa menentukan berhasil adalah tergantung usaha kerja keras anda dan pantang menyerah, tentu saja usaha kerja keras jika di sandingkan dengan penguasaan teori tentang bisnis akan mendapatkan hasil maksimal. Demikian artikel tentang Memulai berbisnis online apa yang harus saya pelajari?, semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment